Classroom Secara Bertahap Digunakan Dalam KBM Online Di SMA Negeri 1 Lebakwangi

Tidak terasa sudah ahir minggu ke empat kebijakan pemerintah “merumahkan” guru dan siswa dalam upaya memutus rantai penyebaran virus covid-19. Kegiatan pembelajaran di SMA Negeri 1 Lebakwangi pun mengalami pergeseran menjadi moda pembelajaran online. GTK SMAN 1 Lebakwangi termasuk guru didalamnya bekerja dengan skema Home From Home. Aktifitas guru dalam membimbing siswa belajar secara online pada mulanya memanfaatkan media komunikasi yang familiar digunakan sehari-hari yaitu Whatsapp dengan membuat grup-grup kelompok siswa sebagai miniatur kelas dalam moda tatap muka. Namun dalam perjalanannya dilihat dari sisi manajemen aktifitas pembelajaran tidak terorganisir dengan baik padahal dalam pembelajaran online diperlukan pengorganisasian aktifitas belajar dari mulai penyediaan ruang materi pembelajaran, latihan penugasan, diskusi dan evaluasi sehingga siswa lebih mudah diarahkan dan guru bisa sebagai pengendali dari aktifitas pembelajaran siswa.

Dengan pertimbangan tersebut guru SMAN 1 Lebakwangi mulai melirik aplikasi Classroom dan mulai mencoba memanfaatkannya dalam proses pembelajaran. Dalam menggunakan aplikasi ini para guru bersama-sama mempelajari mulai dari penginstalan aplikasi di HP, membuat kelas-kelas virtual, menambahkan materi pembelajaran, penugasan, ruang diskusi sampai evaluasi ahir pembelajaran yang disediakan dalam aplikasi classroom. Pelan namun pasti semakin banyak guru memanfaatkan aplikasi Classroom ini dalam proses pembelajarannya. Proses pembelajaran bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja melalui HP yang dimiliki para guru. Namun harus diakui kendala yang dihadapi adalah kondisi siswa yang masih banyak belum memiliki HP dan keterbatasan siswa dalam membeli paket data internet. Tidak bisa dipaksakan dengan kondisi ini yang bisa dilakukan adalah mengoptimalkan yang ada dengan prinsip bahwa proses pembelajaran harus tetap dilakukan secara online dengan memberikan ruang aktifitas pembelajarannya sebagai wujud pelaksanaan tugas yang harus kami laksanakan sebagai guru.

,

Sebagai bahan panduan dalam mempelajari cara menggunakan aplikasi Classroom, kami membuat panduan dalam bentuk powerpoint yang dishare ke semua guru untuk dipelajari dan dipraktekan secara mandiri. Panduan ini berisi langkah-langkah dalam menggunakan aplikasi classroom dari mulai membuat kelas, membuat ruang materi pembelajaran, ruang latihan penugasan, ruang diskusi dampai evaluasi dengan memanfaatkan google form sebagai bentuk evaluasi secara online (ulangan online).

Panduan menggunakan aplikasi classroom yang kami buat, bisa didownload disini…

,

6 Komentar

  • Semoga ada sinergi antara guru & siswa dengan adanya KBM daring dalam masa lockdown covid-19 ini.

    Balas
  • “Alhamdulillaah… GTK SMAN 1 Lebakwangi selalu LEBIH MAJU dalam hal PBM di tengah pandemi Covid-19, selalu ada inovasi di balik keterbatasan KBM dengan para Peserta Didiknya. Mari bergabung bersama SMANGI. Good Job…!!”

    Balas
  • SMANGI terus berinovasi.. Semangat terus SMANGI semoga semakin berjaya di dunia pendidikan..

    Balas
  • Terus berinovasi, terus belajar bermetamorfosis menjadi sekolah yang unggul….

    Balas
  • Tingkatkan trus inovasi dan kreativitas guru2nya…maju trus smangi…

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Gulir ke Atas