Mixing Video Hasil Kreatifitas Siswa SMAN 1 Lebakwangi Dalam KBM Online

Dalam teori pendidikan dikenal pembagian kemampuan individu menjadi kemampuan otak kiri dan otak kanan. Otak kanan yang dimiliki setiap manusia lebih bersifat imajinatif, intuitif, interpersonal, holistik lateral, spontan, dan terkait dengan otak bawah sadar berupa Emotional Quotient (EQ). Sedangkan otak kiri lebih bersifat realistis, logis, fokus, linier, anti spontan. Intra personal, berupa Intelligence Quotient (IQ) dan terencana.

Pengusaha muda dan motivator otak kanan, Ippho Santosa dalam seminar dan launching bukunya di Jakarta, Sabtu (30/4/2011) mengatakan, optimalisasi kerja otak kanan berperan penting dalam kesuksesan seseorang yang dimilikinya. Dia mengibaratkan otak kanan tersebut sebagai tombol percepatan kreatifitas dan saklar menuju kesuksesan.

Sebagai seorang guru, penulis menyadari pentingnya optimalisasi otak kanan ini terutama bidang mata pelajaran yang diampu yaitu seni budaya yang berusaha menggali potensi siswa berkreasi dalam seni budaya. Dalam KBM daring masa pandemi covid-19 ini penulis memberikan aktifitas belajar kepada siswa yang berada di rumah dengan mengedepankan aktifitas belajar untuk mendorong kreatifitas siswa. Adapun tahapan aktifitas belajar siswanya adalah sebagai berikut :

  1. Siswa masing-masing diberikan tugas untuk membuat poster berisi ajakan untuk mendukung program pencegahan pandemi covid-19.
  2. Siswa membuat video dengan menjelaskan isi poster hasil kreasinya, video dibuat masing-masing semenarik mungkin sesuai kreatifitasnya.
  3. Siswa dengan video hasil kreasinya dikelompokan menjadi beberapa orang.
  4. Siswa dalam kelompoknya bekerja sama dari rumah masing-masing untuk mengolah/mixing hasil video semenarik mungkin/kreatifitas masung2 dengan tambahan backsound/musik

Tujuan penugasan ini selain dalam rangka menumbuhkan kesadaran siswa akan pentingnya mencegah penyebaran pandemi covid-19 juga mendorong siswa untuk berkreasi sehingga bisa mengoptimalkan potensi otak kanannya untuk bekal kesuksesan di masa depan.

Aktifitas pengumpulan video dilakukan dengan cara diposting di Istagram @sbklive yang penulis buat untuk kegiatan pembelajaran online. Untuk melihat aktifitas pembelajaran online Seni Budaya di istagram bisa diklik disini….

Berdasarkan hasil penelaahan, penulis menampilkan 2 video terbaik, untuk melihat video terbaik kelas X, diraih oleh kelas X.MIA.3 silahkan klik pada gambar di bawah ini.

.

Dan untuk melihat video terbaik kelas XI, diraih oleh kelas XI.MIA.1 silahkan klik pada gambar di bawah ini.

,

Hasil kreatifitas siswa ini semoga menjadi motivasi dan inspirasi bagi penulis untuk terus berkarya

,

4 Komentar

    • Terimakasih telah membimbing untuk mengangkat karya anak2 SMANGI.. Semangat teruss tim Admin WEB SMANGI.. πŸ™πŸ‘πŸ‘πŸ’ͺπŸ‘

      Balas
  • Ini baru awal sudah oke, kita tunngu kreatifitas yang lainnya…

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Gulir ke Atas