Pemanfaatan Video Teleconference Dalam Prosesi Pengumuman Kelulusan Siswa Kelas XII SMA Negeri 1 Lebakwangi Tahun 2020

Pemanfaatan media berbasis IT bukan hal yang baru bagi kami civitas akademika SMA Negeri 1 Lebakwangi. Berbagai media berbasis IT dalam penyelenggaraan kegiatan pendidikan sudah lama tersedia di dunia maya dan menjadi sumber alternatif begitu banyak varian yang bisa dimanfaatkan dalam proses pembelajaran dan penyelenggaraan pendidikan dimasa pandemi covid-19 sekarang ini.

Kami menyadari bahwa peran Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) tidak bisa tergantikan dengan teknologi, interaksi langsung dengan para siswa jauh lebih menyentuh aspek psikologis siswa namun dimasa pandemi covid-19 ini pemanfaatnnya sangat berperan dalam memudahkan pelaksanaan tugas kami civitas akademika SMA Negeri 1 Lebakwangi.

Begitu pula dalam prosesi Prosesi Pengumuman Kelulusan Siswa Kelas XII Tahun ini, kami berusaha menyesuaikan prosedur pelaksanaannya dengan protokoler masa pandemi covid-19. Pelaksanaan Prosesi Pengumuman Kelulusan Siswa Kelas XII tahun ini dilaksanakan secara online melalui video teleconference (vicon) memanfaatkan aplikasi cisco webex, diikuti oleh seluruh GTK dan sebagian besar siswa kelas XII SMA Negeri 1 Lebakwangi dari rumah masing-masing. Kegiatan prosesi pengumuman kelulusan dilaksanakan hari Sabtu tanggal 2 Mei 2020 mulai pukul 15.30 dan selesai pukul 16.30 WIB. Kegiatan ini dipandu secara online oleh Bapa H. Dodo Darum, M.Si. sebagai Waka Bidang Humas SMA Negeri 1 Lebakwangi.

Kepala SMA Negeri 1 Lebakwangi, Bapa Moch. Chaeri, M.Pd.I. dalam sambutannya menjelaskan bahwa seluruh civitas akademika  SMA Negeri 1 Lebakwangi telah berupaya optimal memberikan pelayanan terbaik bagi para siswa dengan memberikan prosses pembelajaran dan penilaian dalam menentukan kelulusan siswa yang sepenuhnya dilakukan secara online menyesuaikan kondisi protokoler pandemi covid-19 sekarang ini. Beliau memberikan apresiasi kepada seluruh civitas akademika  SMA Negeri 1 Lebakwangi atas kerja kerasnya sehingga seluruh rangkaian proses penyelenggaraan pendidikan bagi siswa kelas XII bisa diselesaikan dengan hasil yang sesuai harapan. Kepada para siswa diharapkan momen pelulusan ini sebagai bekal untuk menggapai cita-cita dimasa yang akan datang.

Waka Bidang Kurikulum, Bapa Yaya Sunarya, M.Si dalam sambutannya menjelaskan bahwa seluruh civitas akademika SMA Negeri 1 Lebakwangi sudah melaksanakan semua tahapan kegiatan yang harus ditempuh oleh seluruh siswa kelas XII sampai pada ahirnya diketuk palu diambil keputusan tentang kelulusan siswa berdasarkan kriteria kelulusan yang sudah ditetapkan. Dalam kesempatan ini, beliau menjelaskan juga teknis pengumuman kelulusan yang dilaksanakan secara online memanfaatkan website sekolah yang beralamat https://smanegeri1lebakwangi.sch.id dimana surat kelulusan dikirimkan melalui email para siswa.

Selanjutnya Bu Hj. Cicih Sukasih, S.Pd. selaku Waka Bidang Kesiswaan juga memberikan sambutan secara online kepada para siswa. Bekal pembentukan karakter yang baik yang telah diberikan kepada para siswa hendaknya dilaksanakan dalam kehidupan nyata, beliau menegaskan bahwa karakter yang kami tanamkan ke kalian akan menjadi bekal hidup yang sangat berharga untuk bisa menyesuaikan diri dengan lingkungan masyarakat.

Sebagai penutup Bapa Ustadz Sukandar, M.Si. memberikan tauysiah dengan siraman rohani untuk membekali siswa sebelum mengetahui status kelulusannya. Banyak hikmah yang bisa diambil oleh seluruh civitas akademika SMA Negeri 1 Lebakwangi dengan prosesi pengumuman kelulusan yang tidak biasa seperti ini, dilakukan secara online menggunakan vicon di rumah masing-masing. Hikmah terbesarnya adalah semua yang terjadi menjadi bahan untuk memperkuat keimanan dan ketaqwaan kita kepada Allah SWT.

Pada kesempatan terpisah salah seorang siswa yang mengikuti video teleconference ini mengemukakan kesannya dalam keikutsertaannya dalam prosesi pengumuman kelulusan secara online ini yaitu Rizki Umardana siswa kelas XII.IPS.3. Ada kesan yang sangat berbeda ketika saya mengikuti prosesi kegiatan pelulusan di SMA Negeri 1 Lebakwangi, seluruh civitas akademika menunjukan kompetensinya dalam pemanfaatan IT, Guru dan Tenaga Kependidikan SMA Negeri 1 Lebakwangi semua bisa mengikuti. Prosesi pengumuman pelulusan dimana saya, guru-guru, tenaga kependidikan dan teman-teman siswa lain berada di rumah masing-masing… wooow kerreeen…. Saya bangga menjadi bagian dari SMA Negeri 1 lebakwangi yang sudah banyak memberikan pengalaman belajar yang luar biasa dan saya yakini akan sangat bermanfaat bagi kehidupan saya di masa yang akan datang. Paket komplit yang diberikan SMA Negeri 1 Lebakwangi, bekal keagamaan, disiplin dan berteknologi seperti itulah kira-kira untuk menyimpulkan bagaimana saya menjadi siswa SMA Negeri 1 Lebakwangi. Sekolah yang tergolong berumur muda di kuningan timur tapi mempunyai kualitas sejajar dengan sekolah di kota. Terimakasih Smangiku… itulah kesan Rizki Umardana yang berhasil kami rangkum setelah kegiatan prosesi pelulusan online ini selesai.

Bisa dikatakan seluruh tahapan Prosesi Pengumuman Kelulusan Siswa Kelas XII sekarang ini dengan memanfaatkan video teleconference webex berjalan lancar dari awal sampai akhir tanpa menemui kendala yang berarti, jaringan internet sangat mendukung dalam pelaksanaan Prosesi Pengumuman Kelulusan secara daring ini.

Para siswa kelas XII kalian sudah menjadi alumni, jaga nama baik almamater, raih masa depan gemilang kalian yang masih begitu panjang untuk diraih. Kami sebagai orang tua di sekolah sudah berupaya optimal membekali kalian dengan penanaman karakter yang baik sebagai bekal kalian terjun ke masyarakat yang lebih luas.

Smangi Bersatu Maju!!!

.

.

.

6 Komentar

    • Keren banget. Doa terbaik untuk guru2 ku πŸ™‚

      Balas
  • Doa terbaik untuk siswa – siswi Smangi, walau ditengah pandemi masih bisa kondusif dengan memanfaatkan teknologi. Semoga mereka bisa mewujudkan harapan-harapan mereka,
    dan untuk kita semua semoga dapat mengambil hikmah dari wabah covid 19 ini, semoga segera berlalu…., semoga kita dapat beraktivitas seperti biasa…
    Saya rindu mereka… πŸ™πŸ™πŸ™

    Balas
  • Semoga tenaga pikiran yg tercurah secara totalitas dalam rangka menyukseskan acara pelulusan ini luarbiasa memacu adrenalin kita, mendapat ganjaran dan pahala di dunia dan akhirat dari Allah swt…
    Tantangan kedepan semakin berat, tetapi dengan adanya pandemi covid-19 ini membuka cakrawala kita khususnya dibidang informasi dan telekomunikasi digital…
    Ayo kita lawan zaman ini dengan berpikir dan berpikir jangan menyalahkan zaman…

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Gulir ke Atas