Ruang E-Learning Yang Perlu Diperhatikan Untuk Efektifitas KBM Masa Covid-19

Kondisi kegiatan pembelajaran dimasa pencegahan penyebaran virus covid-19 sekarang ini memaksa lembaga pendidikan untuk merumahkan seluruh siswa dan guru dalam slogan stay at home dimana aktifitas pembelajaran berpusat di rumah masing-masing. Kondisi ini berpengaruh pada moda pembelajaran yang harus digunakan, moda tatap muka tidak bisa digunakan lagi sehingga guru dan siswa harus memanfaatkan pembelajaran moda daring atau berbasis e-learning. Pembelajaran berbasis e-learning harus mampu mendorong siswa untuk bisa belajar mandiri. Belajar mandiri dimungkinkan jika sebuah portal e-learning membuat instruksi yang jelas tentang langkah-langkah apa saja yang harus dilakukan siswa untuk belajar mandiri. Untuk memenuhi kriteria tersebut maka dalam pembelajaran moda daring, portal e-learning yang dibuat minimal harus menyediakan ruang aktifitas pembelajaran sebagai berikut : 

1. Bahan materi ajar, bisa berupa link materi dari internet, file dokumen (powerpoint, pdf, word) atau berupa gambar.
2. Ruang arahan belajar untuk aktifitas siswa. Bisa dalam bentuk penugasan yang harus dilakukan oleh siswa melalui instruksi yang jelas tentang tugas apa yang harus dilakukan siswa.
3. Ruang diskusi, dimana guru membuat tema diskusi dengan melempar masalah yang berkaitan dengan materi untuk ditanggapi oleh siswa dengan mengisi kolom komentar. Tema yang dibuat diarahkan pada contextual learning yaitu mengajak siswa untuk memecahkan permasalahan kekinian yang berkaitan dengan materi yang sedang dibahas.
4. Ruang teleconference, jika memungkinkan ruang ini bisa memfasilitasi interaksi tatap muka secara daring antara siswa dan guru untuk mengkomunikasikan lebih lanjut tentang aktifitas pembelajaran yang sedang dilakukan.
5. Ruang Evaluasi, untuk mengukur tingkat keberhasilan dari rangkaian aktifitas pembelajaran yang sudah dilakukan. Bentuk evaluasi bisa dengan berbagai macam, jika bentuk tes nya penyelesaian soal maka alat tes mestinya secara daring juga, misal yang sederhana bisa menggunakan aplikasi google form.

Langkah-langkah siswa membuka berbagai ruang aktifitas yang kita sediakan, bisa menjadi bahan penilaian aktifitas pembelajaran.
Tujuan ahirnya adalah dengan menyediakan berbagai ruang aktifitas tersebut di atas memungkinkan siswa mendapat instruksi yang jelas untuk bisa belajar mandiri.

Satu Komentar

  • Belajar mandiri…. Harusnya tidak hanya siswa… Guru juga sebaiknya terus belajar untuk meningkatkan kemampuan, baik skill / intelegensi,
    “Bersatu kita Maju” !!!

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Gulir ke Atas