Selayang Pandang Gerakan Pramuka Di Indonesia

14 Agustus menjadi tanggal untuk memperingati hari pramuka di Indonesia yang dulunya disebut dengan gerakan kepanduan, tahun ini Hari Pramuka jatuh pada Sabtu, 14 Agustus 2021. Gerakan Pramuka atau singkatan Praja Muda Karana yang dulunya adalah sebuah gagasan cemerlang yang ditemukan oleh orang belanda, dan kemudian gagasan tersebut dibawa keseluruh negara tidak terkecuali ke Indonesia, orang belanda yang mencetuskan gagasan tersebut sering kita sebut dengan Boden Powell, pada tahun 1912 di Indonesia gagasan ini berkembang menjadikan sebuah organisasi kepanduan yang dikenal sebagai Nederlandesche Padvinders Organisatie (NPO), tak lama setelah itu pada tahun 1916 NPO berubah nama menjadi NIPV atau Nederland Indische Padvinders Vereeniging, yang jika diterjemahkan dalam bahasa Indonesia adalah Persatuan Pandu-pandu Hindia Belanda.

Setelah organinasi kepanduan ini masuk ke Indonesia barulah bermunculan organisasi kepanduan lainnya seperti lain JPO (Javaanse Padvinders Organizatie) JJP (Jong Java Padvindery), NATIPIJ (Nationale Islamitsche Padvindery), SIAP (Sarekat Islam Afdeling Padvindery), HW (Hisbul Wathon), tujuan dibentuknya yaitu untuk membentuk Orang-orang di Indonesia yang baik, dan menjadi kader Pergerakan Nasional.

Akan tetapi seiring terbentuk banyaknya organisasi pramuka milik Indonesia, pihak belanda melarang organisasi di luar Belanda menggunakan istilah Padvinder, Dengan adanya larangan pemerintah Hindia Belanda menggunakan istilah Padvinder maka K.H. Agus Salim mengubah nama “Pandu” atau “Kepanduan”, maka dari itu setelah Kemerdekaan lahirlah kepanduan yang bersifat nasional pada tanggal 28 Desember 1945.

Tepatnya pada tanggal 14 agustus 1961 istilah Pramuka resmi digunakan untuk menyebut gerakan kepanduan nasional, gagasan ini muncul ketika Presiden Soekarno yang ingin menyatukan seluruh gerakan kepanduan di Indonesia, maka dari itu setiap tanggal 14 Agustus diperingati sebagai Hari Pramuka. Dan tepat hari ini gerakan pramuka memperingati Hari Pramuka yang ke-60 tahun.

sumber :Tribunnews.com

Dilansir dari tirto.id Tema dan Logo Hari Pramuka 14 Agustus 2021, sesuai dengan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka telah mengeluarkan Surat Keputusan Nomor 027 Tahun 2021 tentang Logo 60 (Enam Puluh) Tahun Gerakan Pramuka pada Februari lalu. Dalam SK tersebut, diputuskan logo dan tema Hari Pramuka yang diperingati 14 Agustus.

Gerakan Prarnuka pada tahun 2021 genap berusia 60 (enam puluh) tahun sejak dikeluarkannya Keputusan Presiden Nomor 238 Tahun 1961 tentang Gerakan Pramuka. Logo 60 (enam puluh) Tahun Gerakan Pramuka memiliki makna:

 – Warna merah berarti berani dan kesatria, sedangkan putih berarti rela dan tulus dalam berbakti.

– Angka 60 melambangkan tahun ke-60 hadirnya Gerakan Pramuka, dengan angka “6” yang tangkainya berkombinasi daun nyiur untuk menunjukkan kecintaan Pramuka pada tanah air.

– Lambang WOSM di tengah angka “0” menunjukkan Gerakan Pramuka sebagai satu-satunya organisasi kepanduan di lndonesia dan satu-satunya yang diakui oleh organisasi kepanduan dunia. Selain itu, dalam logo 60 tahun Gerakan Pramuka yang ditetapkan oleh Kwarnas tersebut juga terdapat slogan “Berbakti Tanpa Henti,” yang bermakna bahwa seluruh anggota Gerakan Pramuka selalu siap sedia untuk berbakti sampai kapan pun.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *